Fokus Kembangkan Digital, Layanan MPP Disnaker Bakal Ditambah

Fokus Kembangkan Digital, Layanan MPP Disnaker Bakal Ditambah

METRO KARAWANG - Pasca libur Lebaran, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang, berencana meningkatkan kualitas pelayanan di tenan Mall Pelayanan Publik (MPP).

Mulai saat ini, MPP Disnakertrans Karawang tidak hanya melayani pembuatan kartu kuning dan akun info loker online saja. Namun, memberikan banyak layanan berbasis digital.

Kepada KBE, Sekertaris Disnakertrans Karawang, Rosmalia Dewi mengatakan, meski pun masih perlu banyak perbaikan. Namun, mulai saat ini Disnakertrans Karawang bakal fokus memberikan layanan berbasis digital kepada masyarakat Karawang. [caption id="attachment_71045" align="alignnone" width="1156"]Rosmalia Dewi Rosmalia Dewi - Sekdis Disnakertrans Karawang[/caption]

Layanan digital itu meliputi pembuatan kartu kuning, pendaftaran kerja, pendaftaran BLK, pemagangan hingga pengaduan THR. Bahkan saat ini Disnakertrans Karawang sedang merintis pembuatan kontrak PKET berbasis online. Sehingga semua layanan bisa diakses secara mudah hanya dengan satu kali klik link.

"Sebenarnya semua pelayanan di Disnaker itu sudah online semua, untuk memperluas layanan kepada masyarakat kita akan memberikan link online disana (MPP)," ujarnya, kepada KBE, Senin, (9/5) kemarin.

Mantan Sekdis DLHK Karawang ini juga menjelaskan, untuk memaksimalkan digitalisasi program Disnakertrans Karawang. Pihaknya sudah gencar melakukan sosialisasi ke kantor-kantor desa dan kecamatan di seluruh pelosok Karawang.

Dewi mengatakan, semua kebutuhan masyarakat tentang ketenagakerjaan bakal mendapat akses yang mudah lewat digital. Kecuali permasalahan perselisihan kerja, karena harus diselesaikan secara tatap muka.

"Semuanya sudah bisa online ya, kecuali masalah perselisihan kerja. Kita harus memanggil ke dua belah pihak agar masalahnya bisa diselesaikan," ujarnya.

"Nanti di MPP kita cukup kasih link saja, nanti mereka sendiri yang melakukan input data (sesuai dengan permasalahannya)," pungkasnya. (Wyd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: